• Home
  • About Us
    • Managing Team
    • Researchers
    • Interns
    • Associates
  • Articles
  • Courses
  • Activities
    • CLSD Reader’s Club
    • Research of Baby Screening
    • COMPRE Class
    • Summer Course
    • Photovoice
    • SAELA
    • Community Service
  • Research & Publication
Universitas Gadjah Mada Center for Life-Span Development (CLSD)
Faculty of Psychology
Universitas Gadjah Mada
  • Home
  • About Us
    • Managing Team
    • Researchers
    • Interns
    • Associates
  • Articles
  • Courses
  • Activities
    • CLSD Reader’s Club
    • Research of Baby Screening
    • COMPRE Class
    • Summer Course
    • Photovoice
    • SAELA
    • Community Service
  • Research & Publication

CLSD Membangun Semangat Literasi di Kampung Suronatan melalui Pelatihan Membaca Nyaring

ArtikelArtikel Tuesday, 26 March 2024

Pada hari Sabtu, 2 Maret 2024 pukul 08.30-11.30 WIB, Center for Life-Span Development (CLSD) Fakultas Psikologi UGM melalui Tim The Reading Buddies mengadakan acara pelatihan read aloud atau membaca nyaring di Kampung Suronatan, Kelurahan Notoprajan, Kemantren Ngampilan, Kota Yogyakarta. Acara dihadiri oleh 19 orang, terdiri dari Kader Bina Keluarga Balita (BKB) dan orang tua yang memiliki anak usia dini. Tujuan dari acara ini adalah untuk mengenalkan dan meningkatkan kemampuan para kader BKB dan orang tua dalam praktik membaca nyaring di rumah maupun di komunitas. Kegiatan pelatihan ini merupakan kelanjutan dari aktivitas membaca nyaring oleh Tim The Reading Buddiesdua minggu sebelumnya, dengan tujuan agar masyarakat di Kampung Suronatan mampu secara mandiri melanjutkan aktivitas literasi ini.

Acara dimulai dengan sambutan dari perwakilan BKB, diikuti oleh sambutan dari moderator juga merupakan perwakilan dari CLSD, yaitu Kevin Pasquella Helian, S.Psi. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi pemateri oleh Navia Fathona Handayani, S.Psi., seorang pegiat literasi yang memiliki pengalaman luas dalam gerakan membaca nyaring. Materi yang disampaikan mencakup penjelasan tentang pentingnya membacakan nyaring, unsur-unsur buku yang perlu diperhatikan saat membaca nyaring, serta demonstrasi praktik membaca nyaring. Peserta menyimak dengan antusias untuk memahami berbagai aspek membaca nyaring yang diajarkan oleh pemateri.

Selanjutnya, acara melibatkan pembagian peserta pelatihan ke dalam empat kelompok kecil. Tujuan dari agenda ini adalah untuk mengaplikasikan materi yang telah diajarkan sebelumnya oleh pemateri. Dua orang fasilitator, Rahmita Laily Muhtadini, S.Psi., dan Riskhi Pratama Kusuma Arum Jati, S.Psi., bertugas memandu dinamika peserta di dalam kelompok kecil. Dalam proses ini, peserta diberi waktu untuk memilih buku dengan mempertimbangkan berbagai unsur seperti tema, alur, latar, dan tokoh cerita. Setiap peserta kemudian berlatih membaca nyaring di dalam kelompok kecil. Proses ini sangat penting untuk memastikan bahwa peserta memahami konsep membacakan nyaring tidak hanya di ranah pengetahuan, tetapi juga dalam ranah keterampilan.

Agenda berikutnya adalah sesi praktik membaca nyaring oleh perwakilan peserta dari masing-masing kelompok. Selain bertujuan untuk melihat kemampuan peserta setelah pelatihan, agenda ini juga dirancang untuk proses evaluasi bersama. Peserta memberikan apresiasi dan masukan terhadap sesama peserta selama proses membaca nyaring di depan kelas. Acara ditutup dengan pemberian sertifikat, doorprize, serta foto bersama.

Seluruh rangkaian acara dalam pelatihan membaca nyaring ini diharapkan dapat meningkatkan kepekaan dan kemampuan kader BKB serta orang tua. Acara ini juga diharapkan dapat membangun kemandirian bagi warga Kampung Suronatan dalam menyebarkan semangat literasi di rumah maupun masyarakat.

Sumber: CLSD UGM

Editor: Erna

Kecerdasan Buatan: Support System Bagi Emerging Adult di Kala Krisis

ArtikelArtikel Saturday, 23 March 2024

Penulis: Olyn Silvania

Penyunting: Muhammad Ikbal Wahyu Sukron

“Jadi orang gede emang menyenangkan, tapi susah dijalanin.”

Pernahkah kalian mendengar kalimat di atas? Jika diperhatikan kembali, penggalan kalimat dalam iklan Tri Indonesia (2013) tersebut cukup berkaitan dengan kehidupan individu beranjak dewasa atau emerging adult (18-29 tahun) yang seolah-olah menyenangkan. Hal ini dikarenakan masa emerging adult memberi kesempatan bagi individu untuk mengeksplorasi berbagai pilihan hidup terkait pendidikan, karir, dan hubungan romantis yang tersedia baginya. Dengan demikian, emerging adult dapat mengembangkan identitas diri terkait seperti apa ia ingin dikenal oleh orang lain (Arnett, 2013). Selain itu, emerging adult telah dianggap dewasa secara hukum, sehingga otoritas orang tua pun berkurang. Hal ini memberi peluang bagi emerging adult untuk lebih fokus terhadap diri, mengembangkan kemampuan dan membangun fondasi masa selanjutnya, sehingga dapat meningkatkan kemandiriannya (Arnett dkk., 2014). Namun, masa emerging adulthood tidak selalu menyenangkan dan penuh tantangan. Mengapa demikian, ya? 

Tantangan tugas perkembangan emerging adulthood terhadap kesehatan mental emerging adult

Emerging adult dihadapkan dengan peran dan tanggung jawab yang semakin berat (Erickson, 1968). Mereka harus memenuhi dan menyesuaikan diri terhadap berbagai tugas perkembangan, seperti mencapai kemandirian secara fisik, finansial, dan emosi; mendapatkan suatu pekerjaan, memilih pasangan hidup, menjalani hidup berkeluarga (sebagai pasangan suami istri dan orang tua), menerima tanggung jawab sebagai warga negara, dan bergabung dalam kelompok sosial (Hurlock, 1991).

Dalam menjalani berbagai tugas perkembangan, emerging adult seringkali mengalami masalah, menghadapi perubahan hidup yang konstan, dan ketidakpastian. Emerging adult juga menghadapi tekanan pekerjaan, hubungan, keluarga, dan harapan untuk menjadi orang dewasa yang sukses. Berbagai hal tersebut menjadikan emerging adult rentan mengalami quarter life crisis (Herawati & Hidayat, 2020).

Fenomena krisis seperempat baya telah digambarkan dalam berbagai penelitian. Penelitian Agarwal dkk. (2020) menemukan bahwa 1.400 pengguna twitter berusia rentang 18-30 tahun di Amerika dan Inggris pernah mengunggah 1,5 juta tweet tentang permasalahan karir, kesehatan, dan keluarga yang mereka hadapi. Lalu, hasil penelitian mixed-methods dari Robinson (2018) di Inggris menunjukkan bahwa krisis seperempat baya dialami oleh individu yang gagal mencari pekerjaan. Selain itu, juga ditemukan bahwa krisis seperempat baya dapat menurunkan tingkat harga diri individu. Selanjutnya, fenomena krisis seperempat baya juga terjadi di Indonesia. Penelitian kualitatif Putri dkk. (2022) menemukan bahwa krisis seperempat baya pada emerging adult selama masa pandemi Covid-19 ditandai dengan perasaan dan pikiran yang mengganggu karena adanya tuntutan pekerjaan, rencana pernikahan, dan permasalahan keluarga.

Dari ketiga hasil penelitian di atas, kita bisa melihat bahwa krisis seperempat baya timbul karena lingkungan sekitar. Pertanyaan yang dianggap ringan oleh sebagian orang, seperti “Kapan wisuda?”, “Sudah dapat kerja belum? Kok masih menganggur?”, “Kapan menikah?”, dan lain sebagainya, justru dianggap berat bagi emerging adult. Dengan kata lain, krisis seperempat baya‒yang dipandang sebagai masa sulit oleh emerging adult‒dapat disebabkan oleh konstruk sosial yang dibangun di masyarakat.

Dalam jangka panjang, krisis seperempat baya dapat menimbulkan konsekuensi negatif. Beberapa literatur menunjukkan bahwa kondisi stress yang terakumulasi akibat krisis seperempat baya dapat menimbulkan berbagai permasalahan baru, seperti masalah emosi dan perilaku, menurunkan kesejahteraan psikologis, meningkatkan perilaku agresif, tindak kekerasan, meningkatkan kecenderungan menarik diri secara sosial, dan menimbulkan permasalahan kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan (Habibie dkk., 2019).

Mengatasi quarter life crisis dengan bantuan kecerdasan buatan

Menanggapi dampak krisis seperempat baya khususnya terhadap kesehatan mental, pemerintah, praktisi, dan peneliti tengah mengupayakan promosi dan pencegahan permasalahan kesehatan mental. Tujuannya untuk membangun resiliensi emerging adult dalam menghadapi masa krisisnya (Gotzl dkk., 2022). Salah satu caranya adalah mengembangkan kecerdasan buatan (artificial intelligence), yaitu sistem komputer yang diprogram untuk membantu memecahkan masalah, mengambil keputusan, dan menyelesaikan tugas manusia yang spesifik.

Kontribusi kecerdasan buatan dalam bidang kesehatan mental telah disebutkan dalam berapa literatur (Gotzl dkk., 2022; Gumelar, 2023), seperti dapat membantu mengidentifikasi gangguan kesehatan mental pada emerging adult. Contohnya adalah chatbot terapeutik. Chatbot terapeutik menggunakan teknologi pemrosesan bahasa alami untuk berkomunikasi dengan emerging adult dan memberikan dukungan emosional. Dukungan emosional seperti ucapan semangat dan afirmasi positif dari chatbot terapeutik dapat membantu mengurangi gejala kecemasan dan depresi pada individu. Contoh lainnya adalah terapi online, yakni terapi yang memberikan kesempatan bagi klien emerging adult untuk berbincang dengan terapis melalui internet. Dengan menggunakan kecerdasan buatan, terapis dapat menganalisis percakapan dengan pasien, lalu memberikan rekomendasi terapi atau latihan mandiri yang dapat diterapkan oleh klien emerging adult untuk membantu meredakan gejala gangguan kesehatan mentalnya (Gumelar, 2023). Lebih lanjut, penelitian Gotzl dkk. (2022) menemukan bahwa aplikasi kesehatan mental berbasis kecerdasan buatan bernama mHealth apps memberikan berbagai pelatihan dan solusi atas situasi yang sulit, sehingga membantu emerging adult dalam mencapai tujuannya.

Akhir kata, kecerdasan buatan dapat menjadi support system yang mampu meredakan gejala permasalahan psikologis pada emerging adult. Meskipun demikian, penggunaan kecerdasan buatan yang berlebihan dapat menimbulkan ketergantungan dan mengurangi interaksi sosial. Maka dari itu, masih dibutuhkan kebijakan dan pendekatan yang tepat terkait penggunaan kecerdasan buatan agar tidak mengganggu interaksi sosial dan keseimbangan psikologis emerging adult.

Referensi: 

Agarwal, S., Guntuku, S. C., Robinson, O., Dunn, A., & Ungar, L. (2020). Examining the phenomenon of quarter-life crisis through artificial intelligence and the language of twitter. Frontiers in Psychology, 1-23.

Arnett, J. J. (2013). Adolescence and emerging adulthood: A cultural approach. Pearson Education

Arnett, J. J., Zukauskiene, R., & Sugimura, K. (2014). The new life stage of emerging adulthood at ages 18-29 years. Lancet Psychiatry, 1, 569-576. 

Erickson, E. H. (1968). Identity: Youth and crisis. Norton.

Götzl, C., Hiller, S., Rauschenberg, C., Schick, A., Fechtelpeter, J., Fischer Abaigar, U., … & Krumm, S. (2022). Artificial intelligence-informed mobile mental health apps for young people: a mixed-methods approach on users’ and stakeholders’ perspectives. Child and Adolescent Psychiatry and Mental Health, 16(1), 1-19.

Gumelar, G. (2023). Menavigasi tantangan dan menciptakan peluang: Peran vital ilmu psikologi di era kecerdasan buatan. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 12(1), 1-4. 

Habibie, A., Syakarofath, N. A., & Anwar, Z. (2019). Peran religiusitas terhadap quarter-life crisis pada mahasiswa. Gadjah Mada Journal of Psychology, 5(2), 129-138. 

Hurlock, E. B. (1991). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (Edisi 5). Penerbit Erlangga.

Putri, A. L. K., Lestari, S., & Khisbiyah, Y. (2022). A quarter-life crisis in early adulthood in indonesia during the covid-19 pandemic. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(1), 28–47. https://doi.org/10.23917/indigenous.v7i1.15543

Robinson, O. C. (2018). A longitudinal mixed-methods case study of quarter-life crisis during the post-university transition: Locked-out and locked-in forms in combination. Emerging Adulthood, 7(3), 167–179. https://doi.org/10.1177/2167696818764144Tri Indonesia (2013, Juni 19). Trie-Indie+ (Versi cewe) [File video]. YouTube https://www.youtube.com/watch?v=2RVcOiYkcc4

Mengenali Technoference pada Orang Tua: Waspada Risiko Orang Tua Asyik dengan Smartphone Saat Mengasuh Anak

ArtikelBlog Thursday, 7 March 2024

Penulis: Kurnia Farwati

Penyunting: Raden Roro Anisa Anggi Dinda

Perkembangan media digital salah satunya smartphone dirasakan manfaatnya untuk semua kalangan, tidak terkecuali orang tua. Smartphone dapat dibawa ke mana pun dan dapat digunakan kapan saja karena bentuk smartphone yang cenderung kecil dan ringan di tangan. Dengan demikian, orang tua dapat menghabiskan waktu bersama dengan anak-anak mereka dan dalam waktu yang bersamaan juga dapat bertukar pesan dengan teman atau mitra profesional saat melakukan aktivitas pekerjaan secara jarak jauh, atau bahkan dapat menikmati berbagai hiburan yang ada di smartphone miliknya.

Penggunaan smartphone ini apabila kurang bisa dikontrol dengan baik, maka akan berdampak negatif bagi penggunanya. Fenomena adanya interupsi interaksi sosial melalui teknologi ini disebut dengan technoference (McDaniel & Radesky, 2018), dan pengguna yang asyik dengan smartphone juga disebut dengan istilah “immersion”. Immersion berarti penarikan perhatian dari lingkungan yang kemudian dipusatkan pada perangkat digital dalam hal ini adalah smartphone. Adanya technoference pada orang tua dapat berdampak negatif terhadap hubungan orang tua-anak, kesehatan, serta perkembangan anak (Mackay et al., 2022).

Hubungan orang tua-anak biasanya merujuk pada kualitas interaksi orang tua dengan anak dan kelekatan yang terjalin di antara mereka. Interaksi orang tua-anak yang optimal dapat diamati ketika seorang anak mengucapkan secara verbal, memberi isyarat, atau menangis dan kemudian orang tua merespon secara tepat dengan verbalisasi, kontak mata, atau dengan sentuhan fisik (Mackay et al., 2022). Interaksi yang demikian diketahui menjadi faktor utama untuk menghasilkan perkembangan anak yang optimal termasuk emosi positif, perilaku, perkembangan psikologis, dan sosial (Mackay et al., 2022). Fokus perhatian orang tua pada smartphone saat bersama anak dapat mengurangi perhatian orang tua, daya tanggap, dan kehangatan yang ditampilkan kepada anak-anak mereka (Knitter & Zemp, 2020; McDaniel & Radesky, 2018).

Technoference pada orang tua saat mengasuh anak tidak hanya berlangsung di dalam rumah namun juga saat melakukan aktivitas di luar rumah seperti di playground, tempat makan umum, dsb. Beberapa studi observasional yang dilakukan di tempat umum seperti di restoran dan taman bermain menemukan bahwa interaksi antara orang tua-anak berjalan kurang optimal. Orang tua yang tenggelam dengan smartphone mereka, lebih jarang berkomunikasi dengan anak-anaknya, dan kurang tanggap terhadap kebutuhan anak saat mereka berperilaku mencari perhatian orang tuanya serta kurang memperhatikan keamanan anak (Elias et al., 2021; Wolfers et al., 2020). Menariknya, temuan lain dari Elias et al (2021) yaitu aktivitas lainnya seperti membaca majalah dan berbicara dengan orang lain di taman bermain, juga menyibukkan orang tua dan orang tua mengalami gangguan respon kepada anak mereka, namun tidak sebanyak saat orang tua menggunakan smartphone.

Kelalaian orang tua akibat asyik dengan smartphone saat bersama anak dapat berakibat fatal yakni dapat menyebabkan anak terluka bahkan hingga meninggal. Terdapat beberapa insiden pada anak akibat orang tua yang terlalu fokus pada smartphone miliknya saat bersama anak seperti terjepit lift saat sedang bersama ibunya (Nicolaus, 2019), tertabrak mobil saat bermain sendiri di pelataran parkiran sementara ibunya asyik dengan handphone dan berujung meninggal setelah dilarikan ke rumah sakit (Liputan6.com., 2018). Kasus serupa juga terjadi bahkan ditabrak oleh ayahnya sendiri karena fokus dengan handphone miliknya dan tidak menyadari bahwa anaknya sudah turun dari mobil (Putra, 2018).

Kecelakaan pada anak-anak seringkali berakibat lebih fatal karena anak-anak memiliki keterbatasan seperti keterbatasan fisik, kognitif, emosi maupun sosial dibandingkan dengan orang dewasa. Anak-anak memiliki postur tubuh yang kecil sehingga anak mudah luput dari perhatian sekitar. Selain itu, sifat alamiah anak-anak yang cenderung memiliki rasa ingin tahu tinggi sehingga senang melakukan eksplorasi benda, tempat, atau hal lainnya yang menarik perhatiannya tanpa mempertimbangkan baik atau buruknya, aman atau tidaknya karena kemampuan anak untuk menalar atau mempersepsikan lingkungan di sekitarnya cenderung masih terbatas sehingga belum mampu memahami adanya potensi bahaya yang ada.

Apabila kelalaian orang tua semacam ini terus terjadi secara berulang, maka dapat mendatangkan dampak tidak langsung dalam jangka panjang terhadap perkembangan anak. Sikap orang tua yang menampakkan wajah kesal atau bahkan bermusuhan ketika anak mereka mengulangi perilaku mencari perhatian kepada mereka sebagai orang tuanya (Elias et al., 2021) dapat menimbulkan perasaan diabaikan yang kemudian dapat memicu adanya masalah perilaku, emosional, sosial, depresi, dan perilaku anti sosial pada anak (Beamish et al., 2019; McDaniel & Radesky, 2018). Fokus dengan smartphone saat bersama anak juga dapat menjadi pemicu awal anak terlibat dalam penggunaan digital di usia yang belum seharusnya karena telah mendapatkan contoh langsung penggunaan smartphone yakni dari orang tuanya (Bohnert & Gracia, 2021).

Melihat ragam dampak dari fenomena technoference pada orang tua saat mengasuh anak, pentingnya orang tua untuk memahami dan menyadari bahwa kehadiran orang tua saat bersama anak tidak hanya hadir secara fisik namun benar-benar hadir secara utuh yakni secara fisik dan emosional. Saat membersamai anak bermain di rumah maupun di luar rumah, penting bagi orang tua untuk turut terlibat dalam permainan. Selain berguna untuk membangun kelekatan emosional dengan anak, orang tua juga dapat memastikan secara langsung keamanan anak. Apabila orang tua harus menggunakan smartphone saat anak sedang bermain karena urusan pekerjaan atau hal penting lainnya, orang tua dapat meminta bantuan kepada orang dewasa lain di sekitarnya untuk memperhatikan anaknya.

Referensi :

Beamish, N., Fisher, J., & Rowe, H. (2019). Parents’ use of mobile computing devices, caregiving and the social and emotional development of children: a systematic review of the evidence. Australasian Psychiatry, 27(2), 132–143. https://doi.org/10.1177/1039856218789764

Bohnert, M., & Gracia, P. (2021). Emerging Digital Generations ? Impacts of Child Digital Use on Mental and Socioemotional Well-Being across Two Cohorts in Ireland , 2007 – 2018 Content courtesy of Springer Nature , terms of use apply . Rights reserved . Content courtesy of Springer Natur. Child Indicators Research.

Elias, N., Lemish, D., Dalyot, S., & Floegel, D. (2021). “Where are you?” An observational exploration of parental technoference in public places in the US and Israel. Journal of Children and Media, 15(3), 376–388. https://doi.org/10.1080/17482798.2020.1815228

Knitter, B., & Zemp, M. (2020). Digital Family Life: A Systematic Review of the Impact of Parental Smartphone Use on Parent-Child Interactions. Digital Psychology, 1(1), 29–43. https://doi.org/10.24989/dp.v1i1.1809

Liputan6.com. (5 Juni 2018). Gara-Gara Ibu Sibuk Main Posel, Anak Tertabrak Mobil. https://www.liputan6.com/citizen6/read/3406356/gara-gara-ibu-sibuk-main-ponsel-anak- tertabrak-mobil

Mackay, L. J., Komanchuk, J., Hayden, K. A., & Letourneau, N. (2022). Impacts of parental technoference on parent-child relationships and child health and developmental outcomes: a scoping review protocol. Systematic Reviews, 11(1), 1–7. https://doi.org/10.1186/s13643- 022-01918-3

McDaniel, B. T., & Radesky, J. S. (2018). Technoference: Parent Distraction With Technology and Associations With Child Behavior Problems. Child Development, 89(1), 100–109. https://doi.org/10.1111/cdev.12822

Nicolaus. (1 Agustus 2019). Ironis, Seorang Ibu Sibuk Main Ponsel Tak Perhatikan Tangan Anaknya Terjepit Lift, Masih Sempat Pegang HP Saat Mencoba Menolong.

https://www.grid.id/read/041804446/ironis-seorang-ibu-sibuk-main-ponsel-tak-perhatikan- tangan-anaknya-terjepit-lift-masih-sempat-pegang-hp-saat-coba-menolong

Putra, P. (26 Juli 2018). Tragis, Bocah Tewas Tertabrak Mobil Ayahnya Karena Sibuk dengan Ponsel. https://jatim.inews.id/berita/tragis-bocah-tewas-tertabrak-mobil-ayahnya-karena- sibuk-dengan-ponselWolfers, L. N., Kitzmann, S., Sauer, S., & Sommer, N. (2020). Phone use while parenting: An observational study to assess the association of maternal sensitivity and smartphone use in a playground setting. Computers in Human Behavior, 102(August 2019), 31–38. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.08.013

Generasi Baru, Kebutuhan Baru: Membimbing Pembelajaran Anak Digital Native di Tengah Pengaruh Gadget

ArtikelBlog Wednesday, 7 February 2024

Di era yang dipenuhi dengan gemerlap teknologi, anak-anak masa kini tumbuh dalam realitas yang berbeda. Marc Prensky, seorang konsultan pendidikan, menyebut mereka dengan istilah ‘digital native’, yang merujuk pada generasi yang lahir dan tumbuh dengan paparan teknologi, sehingga mereka dianggap sebagai pengguna bahasa digital yang fasih (Prensky, 2001). Generasi ini dimulai dari generasi milenial, yaitu yang lahir pada kisaran tahun 1980 sampai 2000-an, hingga ke generasi-generasi setelahnya (Moran, 2016). Sedangkan, generasi-generasi sebelumnya dikenal dengan istilah ‘digital immigrant’, yaitu generasi yang tidak lahir pada era digital, sehingga baru berkesempatan untuk belajar dan beradaptasi pada teknologi setelah dewasa.

Sebagai orang dewasa yang masih masuk ke generasi digital immigrant, atau ada pula yang telah masuk ke generasi digital native namun mungkin tak terpapar teknologi sebanyak anak-anak digital native di zaman sekarang, penting bagi guru untuk memahami pengalaman ber-gadget murid dan mencari tahu cara yang tepat untuk mendukung mereka, terutama dalam penggunaan gadget untuk pembelajaran. Sebab, apabila tidak dibimbing dengan baik, bisa jadi murid tidak dapat meraih potensi maksimalnya, atau bahkan dapat terjerumus ke efek samping buruk dari gadget. Maka dalam artikel ini, kita akan menjelajahi bagaimana gadget mempengaruhi anak-anak digital native, sambil menggali cara guru dapat membantu mereka menjadikan teknologi sebagai sahabat sejati dalam meraih potensi terbaik dan menghadapi tantangan zaman.

Dengan lingkungan tumbuh kembang yang berbeda, tentunya generasi digital native memiliki karakteristik yang berbeda dari digital immigrant. Salah satu aspek yang menonjol dari pengaruh gadget adalah perubahan dalam cara anak-anak digital native belajar dan berpikir. Berikut adalah beberapa karakteristik yang dimiliki generasi digital native atau Net Generation sebagai pengaruh dari teknologi menurut Tappscott (2009):

  1. Kebebasan: mereka menginginkan kebebasan dari berbagai aspek, mulai dari kebebasan untuk memilih hingga kebebasan berekspresi.
  2. Kustomisasi dan personalisasi: mereka menginginkan hal-hal dapat disesuaikan dengan preferensi mereka.
  3. Kritis terhadap informasi: mereka cenderung mengkritisi dan mengevaluasi informasi dengan lebih teliti.
  4. Integritas dan keterbukaan: mereka menghargai integritas dan keterbukaan dalam berinteraksi, serta menginginkan informasi yang jujur dan transparan.
  5. Kesenangan atau entertainment: mereka menginginkan pekerjaan, pendidikan, serta kehidupan sosial yang menyenangkan.
  6. Kolaborasi: mereka saling berhubungan erat dan saling mempengaruhi satu sama lain, terutama karena pengaruh teknologi yang dapat menghubungkan yang jauh.
  7. Kecepatan: mereka terbiasa dengan hal-hal yang serba cepat, terutama dalam hal komunikasi yang kini telah terbantu oleh teknologi.
  8. Inovasi: mereka adalah generasi yang inovatif dan terus mencari cara untuk membuat inovasi-inovasi baru dalam berbagai aspek.

Dari karakteristik di atas, dapat disimpulkan bahwa generasi digital native telah mengadopsi banyak keahlian baru yang didapat dari paparan teknologi sejak dini. Dengan kehidupan yang serba cepat, saling terhubung, dan tetap mementingkan kesenangan, maka akan sulit bagi generasi ini untuk belajar dengan cara lama yang umumnya berpusat pada guru. Cara ini hanya bertujuan untuk mengetes memori anak, yang seringkali menggunakan metode kelas yang serius, mendengarkan presentasi dari guru, dan kurangnya diskusi dan komunikasi antar murid. Meski metode konvensional ini memudahkan murid dalam mempersiapkan diri untuk ujian, metode ini menyebabkan murid terlalu bergantung pada guru dan tidak mengasah kemampuan mereka dalam berpikir kritis (Prensky, 2001; Wang, 2022). Jika guru tidak beradaptasi dengan kebutuhan generasi ini, maka mereka hanya akan menganggap pembelajaran sebagai membosankan dan tidak efektif.

Dengan mempertimbangkan hal tersebut, sangat penting bagi guru untuk menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi dan perkembangan generasi agar dapat pembelajaran murid sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan guru untuk memfasilitasi pembelajaran murid digital native menurut Kelly dkk. (2009, dalam Kivunja, 2014):

  1. Mengejar kesenjangan antara guru dan murid digital native, melalui penggunaan gaya bahasa dan teknologi yang familiar dengan murid (Prensky, 2001, dalam Kivunja, 2014)
  2. Berkomunikasi secara langsung dengan murid dengan memanfaatkan teknologi yang ada (e-mail, chatting, membaca blog, bermain game online, mendengarkan dan membuat podcast, dan lain-lain)
  3. Terlibat dengan berbagai aktivitas lain bersama murid
  4. Terhubung dengan dunia digital murid agar sekolah dan pembelajaran dapat menjadi relevan bagi murid
  5. Mempelajari cara penggunaan alat-alat atau platform digital baru yang dapat mendukung pembelajaran murid
  6. Mendapatkan pengalaman baru secara langsung di dunia digital untuk digunakan dalam membantu pembentukan pengetahuan murid

Dalam era gadget yang tak terhindarkan, menjadi pemandu bagi murid digital native bukanlah tugas yang mudah. Namun, dengan kesadaran, komunikasi, serta kemauan untuk belajar dan beradaptasi, kita dapat membantu mereka untuk belajar dengan efektif di generasi baru ini. Jadi, mari kita melangkah maju bersama mereka, membangun masa depan yang cerah dalam era digital yang penuh potensi.

Referensi

Kivunja, C. (2014). Theoretical perspectives of how digital natives learn. International Journal of Higher Education, 3(1). https://doi.org/10.5430/ijhe.v3n1p94

Moran, K. (2016, January 3). Millennials as digital natives: Myths & realities. Nielsen Norman Group. https://www.nngroup.com/articles/millennials-digital-natives/

Prensky, M. (2001). Digital natives, digital immigrants part 1. On The Horizon, 9(5), 1 – 6. http://dx.doi.org/10.1108/10748120110424816

Tapscott, D. (2009). Grown up digital: How the net generation is changing your world. McGraw-Hill.

Wang, Y. (2022). A comparative study on the effectiveness of traditional and modern teaching methods. Proceedings of the 2022 5th International Conference on Humanities Education and Social Sciences (ICHESS 2022), 270-277. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-89-3_32

Webinar SAELA “Children’s Voices: Well-Being for All” Building Student Well-Being through Child-Led Initiatives

SAELA Tuesday, 6 February 2024

Pada hari Rabu, 31 Januari 2024 pukul 15.00-17.00 WIB, Center for Life-Span Development (CLSD) menyelenggarakan webinar bertajuk “Children’s Voices: Well-Being for All, Building Student Well-Being through Child-led Initiatives”. Webinar ini terbuka untuk umum dan ditujukan kepada audiens yang beragam seperti siswa sekolah dasar dan menengah, guru, akademisi, praktisi, dan orang tua. Webinar dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting dan diikuti oleh kurang lebih 320 peserta yang berasal dari Indonesia, Thailand, dan Filipina. Adapun tujuan webinar ini adalah memberikan kesempatan bagi peneliti muda untuk berbagi inisiatif dan hasil penelitian mereka dalam rangka meningkatkan kesadaran publik tentang pentingnya mendengarkan suara anak-anak untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Acara diawali dengan pembukaan, dipandu oleh MC yang merupakan siswa SD Taman Muda IP Tamansiswa – Yogyakarta, yaitu Tiffany dan Caroline. Mereka menyambut para peserta dan membuka acara dengan penuh semangat. Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Deputy Director (Programme Development) SEAMEO, John Arnold Siena. Beliau menyampaikan pesan dan harapannya terkait acara ini, yang mana menyoroti pentingnya penelitian dan proyek-proyek inovatif dalam dunia pendidikan. Dr. Elga Andriana selaku peneliti yang memperoleh SEAMEO-Australia Education Link Award (SAELA) 2022 dengan judul penelitian “Our (photo)Voice: Children and Young People’s Joint Action Research on Student Well-Being for All” kemudian menambahkan penjelasan mendalam mengenai penelitian yang akan dibahas dalam acara ini. 

Webinar dilanjutkan dengan penyampaian materi atau presentasi yang terbagi ke dalam tiga sesi. Presenter pertama, Ayun Septa Wibawa, siswa SMP Taman Dewasa IP  Tamansiswa – Yogyakarta, membagikan pengalaman penelitiannya yang berjudul “Small Voices, Big Impact.” Ayun berbicara tentang pengalaman menjadi peneliti muda dan hasil penelitiannya, termasuk solusi yang diusulkan dan tindakan yang diambil bersama guru dan orang tua. Selanjutnya, tiga anak dari Anak Rimba WARSI – Jambi yang bernama Melandai, Nanju, dan Becenteng, menyajikan paparan penelitian mereka yang berjudul “From Trash to Treasure“. Penelitian tersebut berfokus pada perubahan dari sampah menjadi barang berharga. Mereka berbagi pengalamannya sebagai peneliti muda dan perubahan yang telah mereka lakukan di komunitas mereka. Presenter terakhir, yaitu Dilbert Thimoty Tansania, siswa SMP Santa Maria Assumpta – Kupang, menyajikan pemikirannya dalam sesi yang berjudul “Bridging Perspectives of Friends and Parents for Student Well-being in an Inclusive“. Dilbert memaparkan proyeknya yang bertujuan untuk memahami dan merangkul siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusif. Ia berbicara tentang temuan dan perubahan yang dihasilkan dari proyek photovoice mereka. Pada akhir setiap sesi presentasi dilanjutkan dengan diskusi yang dipandu oleh para penanggap yaitu Dr. Elga Andriana, Dr. Indra Yohanes Kiling, dan Yohana Berliana Marpaung. Diskusi ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya, berbagi ide, dan berkolaborasi.

Acara mencapai puncaknya pada sesi tanya jawab dengan para peserta. Pertanyaan dari peserta dijawab oleh para presenter dan penanggap dengan memperdalam pemahaman mengenai topik-topik yang telah dibahas. Pada akhir acara, Policy and Planning Specialist SEAMEO, Emiljohn Columna Sentillas, memberikan penutup yang merangkum inti dari acara tersebut. Beliau menyampaikan apresiasi kepada para pembicara, peserta, dan seluruh panitia yang telah berkontribusi dalam menyukseskan acara ini. Selain itu, beliau juga memberikan arahan untuk melanjutkan semangat kolaborasi dan inovasi dalam dunia pendidikan. Semua sesi disampaikan dalam bahasa Indonesia, dengan terjemahan bahasa Inggris yang juga disediakan oleh pihak penyelenggara.Penelitian “Our (photo)Voice: Children and Young People’s Joint Action Research on Student Wellbeing for All” memberikan kesempatan bagi anak-anak, termasuk anak-anak disabilitas dan anak-anak dari komunitas lokal, untuk berperan sebagai peneliti muda dalam memahami kesejahteraan mereka di lingkungan masing-masing. Melalui metode photovoice, peneliti muda dapat mengidentifikasi permasalahan kesejahteraan mereka serta memberikan saran rencana tindakan yang dapat diimplementasikan secara kolaboratif antara anak, guru, dan orang tua.

Small voice, big impact: Young Researchers Act on Enhancing Student’s Well-being

SAELA Friday, 2 February 2024

On October 2, 2023, our young researchers presented their impactful findings to school authorities, uncovering concerns shared by both special needs and typical students. The issues ranged from bullying to the desire for more extracurricular activities. Aligned with the young researchers’ insights, teachers acknowledged the need for action. A month later, on December 18, 2023, the school initiated training for the new student council, focusing on organizational skills and discipline. Inspired by the young researchers, the school took a stand against bullying by imposing sanctions. On December 20, 2023, the young researchers received psychoeducation on sexual harassment prevention, proactively sharing information through booklets and wall magazines to foster a safer and healthier school environment.

From Presentation to Change: Child Researchers Influence School Regulations

SAELA Friday, 2 February 2024

On September 22, 2023, our child researchers from Yogyakarta presented their research findings in front of their teachers and school foundation officials. During the presentation, the child researchers emphasized statements from special needs students who conveyed discomfort with the presence of their parents or family members as shadow teachers during class activities. This prompted a discussion involving the child researchers, mentors, and school authorities on the most effective practices to address the issue.

Derived from the outcomes of the discussion, the school authorities then amended school regulations regarding the accompaniment of family members in the school setting. Beginning in October 2023, the revised regulation prohibited higher-grade students (grades 4-6) from being accompanied by parents or family members during class activities.

On January 2, 2024, which was three months after the implementation of the new regulation, our child researchers conducted a follow-up assessment to inquire about the impact of the regulation on the students through simple interviews. The results have shown positive outcomes. Students have shared that they experience heightened happiness and comfort in the modified learning environment. The newfound independence has empowered them to explore and learn autonomously. Significantly, students have expressed a strong desire for the ongoing implementation of this regulatory adjustment in the future.

Exploring Inclusive Education: Insights from Prof. David on The Research Findings

SAELA Friday, 2 February 2024

As the data collection and analysis phase concluded, a pivotal discussion unfolded with Prof. David Evans from The University of Sydney. On July 5, 2023, the Faculty of Psychology was privileged to host Prof. Evans for a transformative consultation session. Mentors from Yogyakarta and Kupang seized the opportunity to present their initial research findings, entering into a meaningful exchange with Prof. Evans, who offered valuable insights. The session expanded beyond results, delving into a discourse on the challenges of inclusive education observed during the research. Collaboratively, they explored potential avenues for future development. Prof. Evans’ visit not only enriched the ongoing project but also ignited contemplation on the dynamic landscape of inclusive education. As mentors and Prof. Evans collectively shaped the research’s trajectory, the session catalyzed inspiration, nurturing a shared commitment to advancing inclusive practices and deepening the understanding of student wellbeing in the realm of education.

Conducting Research with Child and Young Researchers in Yogyakarta: Data Collection Process

SAELA Friday, 2 February 2024

During this phase, the primary school research team conducted mentoring sessions for child researchers, which were divided into three separate sessions. These sessions occurred at different times, including regular class activities, break times, and art performance rehearsals. In each session, child researchers received the following instruction: “You are allowed to explore the school environment for 5-10 minutes [adjusted]. During this time, capture images that depict happiness, joy, and cheerfulness, as well as issues, sadness, and difficulties within the school. The images can include anything – people, objects, situations, or places.” Following this activity, child researchers engaged in individual interviews and group discussions to share insights into the photos they had taken. Additionally, collaborative analyses were conducted to comprehend the findings obtained from both the images and interviews.

In contrast, the mentoring sessions for junior high school students occurred three to four times, with each photo-taking session lasting 15-20 minutes. Subsequently, individual interviews were conducted to elicit detailed descriptions of each photo, organized in turn by the students. Participants were granted the freedom to explore the school environment during the photo-taking process, capturing moments of happiness and sadness during their time at school. Interview sessions were scheduled separately based on the students’ availability and class time to minimize disruption to their learning process. This photovoice phase unfolded from April to May 2023, followed by a focus group discussion (FGD) in May. During the FGD, students deliberated on the most frequently captured photos, addressed concerns, and explored interesting images that were not selected during the individual interview sessions.

CLSD End of Year Party 2023: Reminiscing the Moments, Embracing the Future

ArtikelEvent Thursday, 1 February 2024

Center for Life-Span Development (CLSD) UGM setiap tahun mengadakan acara CLSD End of Year Party untuk merayakan pencapaian dan karya-karya CLSD yang telah dihasilkan oleh dosen maupun interns selama setahun terakhir. Pada 15 Desember 2023, CLSD End of Year Party kembali diselenggarakan dengan mengusung tema “Reminiscing the Moments, Embracing the Future” yang bertempat di Ruang G-100 Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Dalam suasana keceriaan dan penuh semangat, acara ini sukses terlaksana dengan dihadiri oleh 40 peserta yang terdiri dari para interns, asisten, serta dosen.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Kepala CLSD yaitu Ibu Sutarimah Ampuni, M.Si., MPsych., Ph.D., Psikolog. Ibu Ampuni menjelaskan bahwa tujuan dari acara ini adalah sebagai bentuk apresiasi kepada para dosen, asisten, dan interns CLSD, mengingat bahwa keberlangsungan kegiatan CLSD tidak akan terwujud tanpa dukungan dari para dosen, asisten, dan interns. Selain itu, Dekan Fakultas Psikologi UGM, Bapak Rahmat Hidayat, S.Psi., M.Sc., Ph.D., juga turut memberikan sambutan. Beliau menyampaikan apresiasi atas aktivitas CLSD yang terus berkembang setiap tahunnya serta kehadiran CLSD yang dapat dirasakan oleh masyarakat. Beliau juga menyampaikan harapan agar CLSD terus berkontribusi dan menyelenggarakan program terutama yang berkaitan dengan pengabdian masyarakat.

Salah satu sorotan utama dalam kegiatan ini adalah pemutaran video Kaleidoskop CLSD sepanjang tahun 2023. Selama tahun 2023, tercatat bahwa CLSD berhasil menyelenggarakan 14 kegiatan rutin, 6 kegiatan penelitian dan pengembangan alat ukur, 17 kegiatan pengabdian kepada masyarakat, serta 5 kegiatan untuk pengayaan internal CLSD. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tidak hanya dilakukan secara mandiri, melainkan juga bekerja sama dengan beberapa instansi, salah satunya dengan Perwakilan BKKBN DIY melalui program Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dan Duta Lansia Istimewa 2023. Selanjutnya dari sisi publikasi, CLSD berhasil mengikutsertakan 4 manuskrip penelitian ke konferensi ilmiah, menghasilkan 7 publikasi ilmiah, 12 publikasi artikel ilmiah populer, serta 11 publikasi lainnya dalam bentuk video, buku profil, dan modul. Tidak hanya itu, CLSD juga menerima kunjungan maupun menghadiri undangan dari instansi atau pemerintah sebanyak 7 kegiatan serta melakukan kerja sama dengan 2 instansi seperti BKKBN DIY dan BPK Penabur.

Selain pemutaran video, acara ini juga menjadi kesempatan untuk memberikan penghargaan kepada para intern yang telah aktif berkontribusi selama setahun terakhir. Pada kesempatan tersebut, diumumkan dua intern berprestasi, yaitu Kevin Pasquella Helian, S.Psi. dan Navia Fathona Handayani, S.Psi. Mereka dipilih sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi, inisiatif, dan kontribusi luar biasa yang telah diberikan selama magang di CLSD. Kegiatan ini turut diramaikan dengan adanya berbagai games seru. Melalui kegiatan ini, diharapkan hubungan antara semua pihak di CLSD dapat menjadi semakin dekat dan hangat serta mampu menumbuhkan semangat untuk berkolaborasi kembali pada kegiatan-kegiatan di tahun selanjutnya.

Dalam momentum akhir tahun 2023, “Reminiscing the Moments, Embracing the Future” mencerminkan pentingnya melihat kembali perjalanan yang telah dilalui sekaligus mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan baru di masa yang akan datang. Terselenggaranya CLSD End of Year Party menunjukkan bahwa CLSD telah berhasil merayakan pencapaian serta menghargai kontribusi dari seluruh elemen yang terlibat dalam menjadikan CLSD lebih baik. Semangat kolaborasi, dedikasi, dan kerja keras dari dosen, asisten, interns, serta semua pihak yang terlibat menjadi landasan CLSD untuk terus melangkah maju. Terima kasih atas kebersamaan di tahun 2023 dan selamat datang tahun 2024 yang penuh dengan harapan.

12345…10

Recent Posts

  • Eco-Conscious Parenting: Menumbuhkan Praktik Berkelanjutan pada Perkembangan Anak
  • Memahami Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan di Kedai Kopi
  • Membangun Kembali Kegembiraan: Pentingnya Bermain Bagi Kesejahteraan Mental Bagi Masyarakat
  • Keterlibatan Ayah pada Pengasuhan Anak Usia Dini
  • Kader Hebat, Anak Bahagia: Pelatihan Stimulasi Sosioemosional pada Anak Usia Dini untuk Kader Bina Keluarga Balita di Gunungkidul
Universitas Gadjah Mada

Center for Life-Span Development (CLSD)
D-602, Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada
Jalan Sosio Humaniora Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281
clsd.psikologi@ugm.ac.id

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju