Photo credit: Kompasiana (https://www.kompasiana.com/farouqalghoribi5681/6365a2e94addee0df119d913/biografi-ki-ageng-suryomentaram-k-a-s)
Penulis: Siti Waringah – waringah_psy@ugm.ac.id
Kawruh Jiwa Suryomentaram merupakan pengetahuan yang membahas pemahaman tentang jiwa dan sifat-sifatnya, yang dikemukakan oleh Ki Ageng Suryomentaram, salah satu putra dari Sri Sultan Hamengku Buwono VII. Pertumbuhan dan perkembangan manusia yang dijabarkan dalam Kawruh Jiwa Suryomentaram menjelaskan berbagai perubahan pada diri individu sejak masa bayi sampai mencapai kematangan, dan perubahan-perubahan pada proses yang menyertai, serta berbagai faktor yang menentukan (Suryomentaram, 1990). Afif (2012) menjelaskan lebih lanjut bahwa pertumbuhan dan perkembangan tersebut terkait dengan rasa yang ada pada diri seseorang yang pada awal pertumbuhannya terkait dengan rasa kesadaran fisik, lalu tumbuh dan berkembang terkait dengan rasa kesadaran psikologis (rasa kesadaran fisik, afektif, dan kognitif), serta terkait dengan rasa kesadaran spiritual (rasa kesadaran fisik, afektif, kognitif, dan intuitif).
Ditinjau dari proses berlangsungnya, Adimassana (1986) dan Waringah (dalam Sugiarto (2015) menggambarkan bahwa pertumbuhan dan perkembangan seseorang, menurut pemikiran Suryomentaram meliputi empat (4) tahap, yaitu: (1). Dimensi/ukuran I, (2). Dimensi/ukuran II, (3). Dimensi/ukuran III, dan (4). Dimensi/ukuran IV. Hal tersebut didasarkan pada jabaran pemikiran Ki Ageng Suryomentaram yang tertulis dalam buku Kawruh Jiwa, Wejanganipun Ki Ageng Suryomentaram (1990) yang diuraikan dalam bahasa Jawa. Gambaran keempat dimensi/ukuran tersebut adalah:
(I). Dimensi/ukuran I, disebut sebagai juru catat (juru cathet). Pada dimensi/ukuran I ini, manusia tunduk pada tuntutan kebutuhan fisik biologis sensual yang bersifat instingtif dan secara intelektual baru mampu mengabstraksi apa yang ditangkap oleh kesan-kesan dari fungsi pancaindera (sensory motoric). Dalam dimensi/ukuran I ini, manusia melalui pancainderanya akan mencatat (mempersepsi) segala hal yang ada di sekelilingnya.
Dimensi/ukuran I adalah hidup seorang bayi yang baru lahir dalam beberapa hari. Bayi tersebut dapat merasakan sesuatu namun belum dapat menggunakan fisik/tubuhnya sesuai perasaannya. Ketika bayi digigit nyamuk, ia merasa sakit tetapi tangannya belum dapat digunakan untuk menghalau nyamuk dan menggaruk tempat yang gatal akibat gigitan nyamuk. Hidup dalam dimensi/ukuran I disebut sebagai hidup yang hanya mempunyai satu dimensi saja, yaitu hanya merasakan, mengalami, atau menerima semua rangsangan dari luar. Yang berfungsi pada tahap ini hanya dimensi pancaindera saja.
(II). Dimensi/ukuran II, disebut sebagai catatan-catatan (kumpulan cathetan) yang merupakan hasil dari proses mencatat/melakukan persepsi pada dimensi/ukuran I. Pada tahap ini, jiwa manusia menyimpan banyak catatan/cathetan atau persepsi sebagai hasil kerja pancaindera. Pengalaman hidup sejak kecil hingga dewasa akan menjadi catatan-catatan (kumpulan cathetan) yang ada pada dimensi/ukuran II. Menurut Suryomentaram, ada 11 kelompok catatan yang dimiliki manusia, yaitu catatan harta benda, kehormatan, kekuasaan, keluarga, golongan, kebangsaan, jenis, kepandaian, kebatinan, ilmu pengetahuan, dan rasa hidup. Catatan-catatan itu tidak hanya bersifat menyenangkan (afek positif), tetapi ada juga yang tidak menyenangkan (afek negatif). Oleh karena itu, dimensi/ukuran II disebut sebagai fungsi emosi. Pada tahap ini, jiwa masih belum berkembang potensi kepribadiannya karena dimensi/ukuran II ini belum mampu mengantarkan individu mencapai kebermaknaan hidup secara luhur.
Hidup pada dimensi/ukuran II adalah hidup anak-anak yang bagian badannya sudah dapat digunakan untuk mengikuti perasaannya namun belum mengerti sifat dari hukum benda-benda. Seorang anak yang melihat api bercahaya akan senang, kemudian dipegangnya api tersebut. Hal itu terjadi karena anak belum dapat mengerti hukum alam benda bahwa api dapat membakar tangannya. Hidup dalam dimensi/ukuran II, anak mampu menerima rangsangan dan menanggapinya, namun belum dapat menggunakan pikiran atau pengertian tentang hukum-hukumnya, sehingga tindakannya sering keliru, pikirannya belum berfungsi.
(III). Dimensi/ukuran III, disebut sang pemikir (si tukang pikir, atau kramadangsa), yang merujuk pada kepribadian manusia yang bersesuaian dengan nama dan sifat khas masing-masing orang. Tahap ini disebut sebagai fase tumbuh dan berkembangnya kramadangsa “si tukang pikir”, yang merupakan kesadaran personal dalam fungsi kognisi. Suryomentaram menjelaskan bahwa pada dimensi/ukuran III manusia memiliki perkembangan fungsi pikiran, oleh karena itu dalam tindakan-tindakannya tidak selalu didorong oleh emosi-emosinya saja (pengaruh catatan yang menyenangkan dan tidak menyenangkan). Manusia dalam bertindak juga mempertimbangkan pikiran rasional.
Hidup manusia pada dimensi/ukuran III, sudah dapat merasakan sesuatu, badannya dapat digunakan sesuai dengan perasaannya dan dirinya sudah dapat mengerti sifat alam hukum benda. Pada tahap ini ada tiga hal yang sudah dapat berfungsi pada manusia, yaitu alat perasa (pancaindera), organ untuk menanggapi, dan pikiran. Hidup pada dimensi/ukuran III ini berorientasi ke arah pemenuhan kebutuhan diri sendiri. Suryomentaram juga menjelaskan bahwa dimensi/ukuran III merupakan kramadangsa atau manusia yang berorientasi pada pengalaman/catatan-catatan kawruh jiwa yang dimiliki. Pengalaman/catatan-catatan kawruh jiwa yang membentuk kramadangsa/“aku” yang merasa tersebut, akan muncul sebagai tanggapan rasa suka atau benci.
Anak-anak sebagai individu, pertumbuhan dan perkembangannya masih belum sempurna, dan masih berlangsung terus sesuai dengan pengalaman-pengalaman yang dimiliki. Ditinjau dari kawruh jiwa Suryomentaram, pertumbuhan dan perkembangan anak masih sebatas sampai pada dimensi/ukuran I, II, dan III (Adimassana, 1986).
(IV). Dimensi/ukuran IV, disebut sebagai tahap manusia tanpa ciri/menungsa tanpa tenger. Pada tahap ini, manusia sudah mampu melampaui tuntutan akal objektif ke tingkat ideal. Manusia pada tahap dimensi/ukuran IV ini memiliki sifat ethic-altruistic, yang memungkinkan seseorang menghayati rasa orang lain dan mengetahui kekurangan atau kesalahan diri sendiri (self evaluation). Apabila seseorang merasa dirinya paling benar, maka ia akan kembali ke dimensi/ukuran III, yakni akan membela diri sendiri sebagai yang paling benar. Hal itu akan menghambat perkembangan dimensi/ukuran IV. Menghambat perkembangan dimensi/ukuran IV berarti menghambat pertumbuhan dan perkembangan pribadi manusia tanpa ciri/menungsa tanpa tenger yang sehat dan sejahtera. Individu dengan kualitas pribadi manusia tanpa ciri/menungsa tanpa tenger akan dapat merasakan ketenangan dan ketentraman. Itulah keadaan jiwa sehat menurut Suryomentaram (Waringah dalam Sugiarto, dkk., 2015).
Uraian-uraian di atas menunjukkan adanya empat tahap pertumbuhan dan perkembangan manusia yang dijabarkan oleh Ki Ageng Suryomentaram dalam kawruh jiwa. Keempat tahap tersebut dikenal sebagai dimensi/ukuran I, dimensi/ukuran II, dimensi/ukuran III, dan dimensi/ukuran IV; yang meliputi pertumbuhan dan perkembangan secara fisik, emosi, kognisi, dan intuisi. Thesis-thesis tersebut disusun berdasarkan pengalaman pribadi Ki Ageng Suryomentaram yang diverifikasi dengan pengalaman sahabat-sahabatnya yang hidup di era penjajahan, di situasi PD I dan PD II, serta di kondisi bangsa yang sedang memperjuangkan kemerdekaan. Thesis-thesis tersebut telah diteliti dan diuji validitasnya oleh Jatman (1985) dalam kajian psikologi melalui karya ilmiah yang berupa tesis S2. Tesis-tesis tersebut diuji kesesuaiannya dengan kenyataan hidup masa kini serta didialogkan dengan konsep-konsep serupa dalam psikologi modern (teori Maslow dan Rogers).
Referensi:
Adimassana, J. B.; 1986. Ki Ageng Suryomentaram tentang Citra Manusia. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Afif, A. 2012. Matahari dari Mataram. Menyelami Spiritualitas Jawa Rasional Ki Ageng Suryomentaram. Yogyakarta: Penerbit Kepik.
Jatman, D. 1985. Ilmu Jiwa Kramadangsa, Satu Usaha Eksplisitasi dan Sistematisasi dari Wejangan-Wejangan Ki Ageng Suryomentaram. Thesis. Yogyakarta: Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.
Sugiarto, R.; dkk. 2015. Handbook Ilmu Kawruh Jiwa Suryomentaram, Riwayat, dan Jalan Menuju Bahagia. Yogyakarta: Dinas Kebudayaan DIY.Suryomentaram, G. (1990). Kawruh Jiwa Wejanganipun Ki Ageng Suryomentaram (Jilid 2). Jakarta: CV Haji Masagung.