• Home
  • About Us
    • Managing Team
    • Researchers
    • Interns
    • Associates
  • Articles
  • Courses
  • Activities
    • CLSD Reader’s Club
    • Research of Baby Screening
    • COMPRE Class
    • Summer Course
    • Photovoice
    • SAELA
    • Community Service
  • Research & Publication
Universitas Gadjah Mada Center for Life-Span Development (CLSD)
Faculty of Psychology
Universitas Gadjah Mada
  • Home
  • About Us
    • Managing Team
    • Researchers
    • Interns
    • Associates
  • Articles
  • Courses
  • Activities
    • CLSD Reader’s Club
    • Research of Baby Screening
    • COMPRE Class
    • Summer Course
    • Photovoice
    • SAELA
    • Community Service
  • Research & Publication
  • Beranda
  • Artikel
  • School Transitions Experiences: Supporting Children Moving from Online to Offline Learning

School Transitions Experiences: Supporting Children Moving from Online to Offline Learning

  • Artikel, Blog, Event
  • 29 December 2021, 16.00
  • Oleh: clsd.psikologi
  • 0

School Transitions Experiences: Supporting Children Moving from Online to Offline Learning

 

Pada Jumat, 12 November 2021 pukul 15.00 – 17.00 WIB, Center for Life-Span Development (CLSD) mengadakan webinar berjudul School transitions experiences: Supporting children moving from online to offline learning dengan narasumber Professor Iva Strnadová (University of New South Wales, Australia) yang dilakukan secara daring melalui Zoom. Webinar ini diselenggarakan dalam rangka menghadapi dibukanya kembali sekolah-sekolah untuk belajar pada masa pandemi COVID-19 yang telah menimbulkan stres, ketakutan, serta kekhawatiran bagi banyak keluarga dan anak-anak. 

Dengan semakin banyaknya sekolah yang  beralih ke pembelajaran tatap-muka, transisi untuk kembali ke sekolah dapat menciptakan tantangan bagi anak. Terlebih lagi, transisi dari pembelajaran di rumah ke pembelajaran ke sekolah bisa jadi lebih sulit bagi anak-anak dengan masalah perkembangan, perilaku, dan emosional. Webinar ini membahas bagaimana cara sekolah membantu anak-anak dan keluarga dengan merencanakan transisi dan mempromosikan pembelajaran sosial dan emosional (social and emotional learning). Dengan dukungan yang tepat, anak dapat menyesuaikan diri dengan tantangan dan tuntutan belajar baru, mempelajari hal-hal baru, dan belajar untuk berkembang.

Pada webinar ini, Prof. Strnadová membagi materinya ke dalam lima bagian. Pertama, beliau menjelaskan mengenai definisi umum transisi sekolah, sebelum menguraikan berbagai penelitian yang menunjukkan informasi-informasi penting mengenai transisi sekolah dan siswa penyandang disabilitas selama pandemi. Kemudian, Prof. Strnadová menjelaskan apa saja kebutuhan transisi sekolah siswa (baik dengan atau tanpa disabilitas) saat berpindah dari pembelajaran daring ke pembelajaran luring. Terakhir, beliau membahas mengenai dukungan seperti apa yang diperlukan siswa (baik dengan atau tanpa disabilitas) untuk mempersiapkan mereka beralih dari pembelajaran daring ke pembelajaran luring.

Webinar diakhiri dengan sesi tanya-jawab antara peserta dan narasumber sebelum ditutup oleh Elga Andriana, S.Psi., M.Ed., Ph.D. selaku moderator acara. Melalui webinar ini, diharapkan peserta memperoleh wawasan mengenai pengalaman transisi sekolah anak-anak dan bagaimana cara yang tepat untuk mendukung mereka melewati peralihan pembelajaran di masa pandemi.

(SRP/CLSD)

Tags: Webinar CLSD

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Recent Posts

  • Mendidik Anak dengan Bahasa Cinta
  • Eco-Conscious Parenting: Menumbuhkan Praktik Berkelanjutan pada Perkembangan Anak
  • Memahami Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan di Kedai Kopi
  • Membangun Kembali Kegembiraan: Pentingnya Bermain Bagi Kesejahteraan Mental Bagi Masyarakat
  • Keterlibatan Ayah pada Pengasuhan Anak Usia Dini
Universitas Gadjah Mada

Center for Life-Span Development (CLSD)
D-602, Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada
Jalan Sosio Humaniora Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281
clsd.psikologi@ugm.ac.id

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju